26 Januari 2010

Dimana Membeli Bonsai Buxus di Jawa Timur?


Buxus atau Boxwood adalah salah satu spesies yang bisa dibentuk sebagai bonsai. Sebenarnya Buxus, yang di kalangan masyarakat Indonesia khususnya penggemar bonsai lebih sering diucapkan dengan nama Boksus atau Buksus, lebih tepat dikategorikan sebagai tumbuhan jenis semak, namun ada juga spesies Buxus yang bisa dikategorikan sebagai pohon, yaitu Buxus sempervirens atau Commonbox, sebab tingginya bisa mencapai 5 meter.
Genus ini memiliki sekitar 70 spesies yang ditemukan di habitat mulai dari hutan perbukitan berbatu di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika Tengah. Jadi Buxus bukan merupakan spesies asli Indonesia, namun demikian Buxus bisa dibudidayakan di Indonesia. Di Jawa Timur khususnya, budidaya Buxus bisa ditemui di daerah Batu, Malang.
Daun spesies Buxus yang sangat kecil adalah modal yang ideal untuk bonsai. Di negara asalnya, pada saat musim alam semi, Buxus menampilkan pertunjukan bunga jantan dengan kepala putik kuning mencolok yang mengelilingi bunga betina tunggal.
Dua spesies Buxus yang biasanya dijadikan sebagai Bonsai adalah Buxus microphylla / Jepang Box dan Buxus sempervirens / common Box. Sedangkan di Indonesia, spesies yang umum dijadikan bonsai adalah Buxus harlandii.
Bagi penggemar bonsai yang tinggal di Jawa Timur, yang ingin membeli bakalan ataupun bonsai jenis Buxus ini, bisa berkunjung ke UD. Artha milik bpk. Arpa’i di Jl. Bukit berbunga No. 1 Sidomulyo Batu, Malang. Contoh gaya bonsai Buxus-nya seperti photo dalam artikel ini. Masalah harga cukup bervariasi, antara Rp. 200 – 250 ribu.

1 komentar:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823"4898"5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!


























































    BalasHapus